Tanggap Darurat Karhutla ” Dibawah Komando Kapten Arh Jemirianto, Beberapa Personil Koramil 03/Mandau Berjibaku Padamkan Kebakaran.

Libasriau.com – Gerak cepat personil Koramil 03/Mandau Kabupaten Bengkalis dalam kesigapan melakukan giat tangggap darurat Karhutla patutlah diacungi jempol.

Yang mana dibawah Komando Kapten Arh Jemirianto selaku Komandan Koramil ( Danramil ) beberapa orang anggota Koramil 03 Mandau Kabupaten Bengkalis langsung turun kelapangan guna memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di wilayah RT 01 RW 01 Jl.Rokan Dusun 1 Ponti Kinjai Desa Buluh Apo Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis pada hari Jum’at 8 April 2022 sekitar Pukul 09.30 wib.

Setelah mendapatkan informasi terkait adanya Kebakaran diwilayah kerja, Kapten Arh Jemirianto langsung memberikan komando kepada jajarannya agar bergerak cepat menuju ke lokasi Karhutla.

Sesampainya di lokasi Kebakaran, Seakan tanpa mengenal rasa lelah , Beberapa Personil Koramil 03/Mandau yang turun kelapangan langsung bergegas melakukan pemadaman titik Api bersama dengan Masyarakat dan Forkopimda yang saat itu juga ada di lokasi Kebakaran.

Adapun lokasi titik Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terletak pada koordinat Co.1.11841.101.1183.165.M.123′ dengan Pemilik
Lahan Bpk.Haji Sihotang.

Sedangkan terkait penyebab terjadinya kebakaran lahan milik Bpk. Haji Sihotang yang merupakan lahan gambut dan baru dibersihkan saat ini masih dalam proses lidik Polsek Pinggir.

Sedangkan luas lahan yang saat ini terbakar kurang lebih sekitar 4 Hektar

Sementara itu Personel yg terlibat pemadaman adalah sebagai berikut :

  1. TNI : 6 org
  2. Polri : 1 orang
    3.MPA : 7 org
  3. BPBD : 4 org
    5 manggalaakni : 5 orang
    6.Perangkat desa: 1 orang
    7.masyarakat : 1 orang

Dengan peralatan pemadam kebakaran Mesin Mexstri, Mesin Minitexter 3 Unit ,Selang 1.5 sekitar 15 Roll dan Nouzle sekitar 4 buah proses Pemadaman /Pendinginan Api dibagi menjadi 3 (Tiga) tempat.

Sementara Jarak, Cuaca, dan luas lahan terbakar :
Lk 4 Ha

  1. Jarak lokasi dari Koramil ± 35 Km.
  2. Cuaca :  Cerah cerah
  3. Perkiraan Luas lahan terbakar : kl 2 Ha, Perkiraan Lahan yang sudah Padam 2 Ha dengan Hambatan sebagai berikut :
  4. Cuaca cerah
  5. Anggin kencang dan berubah ubah arah
  6. Tanah gambut
  7. Sumber air jauh ± 20 M
  8. Jarak TKP ke Koramil ± 35 Km

Sedangkan kondisi akhir :

  • Titik asap masih ada masih lanjut pemadaman.

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *