Bahas Penomena yang di Alami Wartawan, Ketua Umum DPP SPI Sambut Hangat Kunjungan Wakil Ketua PJID-N di Pekanbaru

Pekanbaru— Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat(DPP) Solidaritas Pers Indonesia (SPI) Suriani Siboro menyambut hangat kedatangan Wakil Ketua Umum Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi Nasional (PJID-N) Fajar Saragih beserta Manganar Nainggolan seorang Aktivis Tapung Hulu di sekretariat nya yang bertempat di Jl. Pattimura No.40 A, Sail, Kec.Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Acara pertemuan antara Ketua Umum DPP SPI dan Wakil Ketua Umum DPP PJID-N beserta Aktivis Tapung Hulu hanya sebatas bincang bincang ringan dan membahas implementasi dari pelaksanaan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999. Sehingga lapisan masyarakat dapat memahami Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Insan Jurnalis yang bertujuan untuk turut andil dalam mencerdaskan serta membangun kedaulatan bangsa.

Dan tak hanya itu saja, pada saat pertemuan silaturahmi tersebut, Wakil Ketua Umum DPP Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID) Nusantara, Fajar Saragih yang juga merupakan Pimpinan Redaksi dari media Derap Peristiwa.com beserta Manganar Nainggolan, Aktivis dari Tapung Hulu, masih menyayangkan terjadinya tindakan Diskriminasi dan Kriminalisasi serta tindakan Kriminalisasi terhadap insan pers.

Menurut Fajar Saragih bahwa, kekerasan terhadap wartawan adalah sebuah kejahatan terhadap Bangsa.

“Kekerasan terhadap Wartawan adalah kejahatan yang cukup serius dan kejahatan terhadap bangsa dan negara. Seandainya ada wartawan yang melakukan kekeliruan di dalam menjalankan tupoksinya, sesuai amanah UU maka pihak yang dirugikan menempuh cara-cara yang sudah ditentukan sesuai koridor hukum di NKRI. Jadi hentikan perbuatan yang sifatnya main hakim sendiri,” ujar Fajar.

Lanjutnya, terkait kesolidan Jurnalis di seluruh Nusantara terkhusus di Riau, akan terbangun dengan sendirinya seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana kriminalisasi pers terjadi dimana-mana, maka jangan putuskan tali rantai Jurnalis, supaya tidak bisa masuk penyusup yang dapat memecah belah kesatuan dan kekuatan kita.

Dalam pertemuan ini, Ketua Umum Solidaritas Pers Indonesia (SPI), Suriani Siboro menyambut hangat kedatangan Wakil Ketua PJID-N beserta Aktivis Tapung Hulu di kantornya.

Suriani mengatakan bahwa, dirinya juga merasakan apa yang dialami rekan jurnalis lainnya.

Ia berharap agar bagaimana seluruh jurnalis lebih solid dan saling mendukung, bergerak secara profesional dalam menjalankan tugas sebagai kontrol sosial di tengah masyarakat, tetap semangat, tetap jaga profesi dengan landasan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). (Hery Wahyudi)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *