Asisten II Elsabrina Membuka Rapat Kerja Ikatan Media Online Riau Serta Dialog Interaktif

Pekanbaru — Rapat kerja daerah ( rakerda) Ikatan Media Online ( IMO ) Provinsi Riau serta dialog interaktif, dibuka langsung oleh Asisten II Elsabrina ( Minggu 05/1102022) di hotel Furaya kota Pekanbaru.
Dihadiri , berbagai BEM mahasiswa Riau, kalangan cendikiawan , masyarakat dan berbagai owner media online dan wartawan.

Kata sambutan Erlangga SH ( sebagai ketua panitia sekaligus aktifis Aliansi GEMPAR Riau )dalam sambutannya menyampaikan ” di zaman dijitalisasi seiring perkembangan zaman , kehadiran media online di Indonesia ikut berperan memberikan informasi kepada masyarakat luas bahkan kepada pemerintah. Namun seiring dengan banyaknya media online harapan kita kedepannya dapat meng edukasi masyarakat luas dalam hal menilai dan menimbang informasi yang disajikan atas pemberitaan di media online gersebut. Harapan saya kedepannya kehadiran media Online ikut berkontribusi dalam perkembangan kemajuan zaman dalam bidang informasi.

Sambutan ketua IMO Riau sekaligus sekjen DPP IMO, S Hondro, program pertama yang disampaikannya ,DPP  IMO akan mencetuskan kartu e IMO, adapun kartu e IMO yang akan di cetuskan bertujuan untuk mempermudah agar perusahaan media (owner) dengan mudah untuk meng akses untuk mendaftar menjadi anggota IMO.

Program kedua IMO akan melakukan evaluasi pemberitaan yang sifatnya hoax dan bekerjasama dengan kepala daerah se provinsi Riau. S Hondro juga menyampaikan, profesi jurnalis adalah pekerjaan yang mulia, dan jangan cederai profesi jurnalis untuk kepentingan pribadi , tegasnya.

Sambutan dari PJ Walikota Pekanbaru yang di wakili Asisten 2 Elsabrina ” terlebih dahulu PJ walikota mengucapkan selamat kepada ketua media Online Riau sekaligus menjabat sebagai sekjen DPP IMO. Diawali penyampaiannya ” kemajuan teknologi tidak dipisahkan dari kehidupan masyarakat, berbagai informasi yang terjadi diberbagai belahan dunia, salah satu berita terkini dapat diakses dengan mudah melalui telepon pintar.

Muflihun menghimbau, Peran media dan kemampuan mendistribusikan informasi secara masif dan akurat sangat penting di dalam mencerdaskan masyarakat, termasuk dalam mendiseminasikan informasi mengenai pembangunan di Provinsi Riau, khususnya di kota Pekanbaru.

” Media harus mampu menyajikan berita yang akurat, berimbang, dan memihak kebenaran guna membendung hoax yang masif diproduksi dan beredar luas di dunia maya. Hadirnya IMO Riau bertujuan untuk dapat menjadi organisasi media Online yang dapat menjaga keseimbangan dalam pemberitaan dan menjadi pemersatu kebhinekaan serta menjalin kerjasama yang  baik dengan masyarakat Riau , baik instansi pemerintah dan organisasi lainnya.

Tak luput Muflihun menyampaikan kepada seluruh peserta rakerda, Pemerintah kita Pekanbaru mengajak seluruh elemen masyarakat agar selalu menyaring berita-berita yang tersebar di media, baik cetak, elektronik maupun online. Mohon diperhatikan sumber dan teliti dahulu kebenaran berita tersebut, sebelum mengambil kesimpulan atau bahkan membagikannya, karena siera sekarang ini berita bohong atau hoax banyak beredar ditengah- tengah masyarakat.

Muflihun juga ingatkan, berharap kepada seluruh jurnalis agar selalu teliti dalam menulis berita dengan memperhatikan kaidah 5 W + 1H. Meskipun diera digital sekarang ini sangat mementingkan kecepatan dalam pemberitaan, semua media berlomba-lomba menjadi yang pertama, namun berita yang dibuat haruslah akurat  dan dapat dipertanggungjawabkan , serta ditulis dengan kaidah-kaidah jurnalis yang benar.

Diakhir penyampaiannya, Muflihun mengajak kepada keluarga besar IMO Riau ” mari kita bahu membahu memberikan sumbangsih untuk pembangunan kota Pekanbaru yang sangat kita cintai ini. Semoga Allah SWT meridhoi segala apa yang telah kita lakukan dan kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua., Tutup PJ Walikota Pekanbaru.

Usai membacakan pidato sambutan PJ Walikota Pekanbaru, Asisten II Elsabrina membuka secara resmi rapat kerja daerah ( rakerda) Ikatan Media Online (IMO) Riau serta dialog interaktif.

Liputan Sabam Tanjuung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *